15 Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing, Bunda Ingin Coba? #Berita (iToonTV News) @iToonTV | Topik - #Informasi #Keuangan

Animasi Kartun untuk Anda: 👉    / itoontv


iToonTV.blogspot.com, JAKARTA - Membangun bisnis dengan modal kecil memang sangat menantang, namun bisa dilakukan. Hal ini karena ada banyak pilihan usaha modal kecil yang belum banyak pesaingnya, Bunda bisa mengambil salah satu dari ide usaha tersebut.

Memulai bisnis dengan modal kecil mungkin menjadi pilihan yang tepat. Jika ingin mengawalinya dengan modal kecil, Bunda perlu merencanakan dengan hati-hati dan menghemat semua biaya yang dimiliki.

Sebelum mengetahui apa saja usaha modal kecil yang minim pesaing, ada beberapa hal yang perlu Bunda pahami terlebih dahulu terkait cara membangun usaha dengan modal kecil.

Cara membuat ide untuk untuk memulai usaha

Melansir dari laman detik.com, berikut adalah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk membuat ide bisnis unik:

1. Perencanaan

Bunda perlu merencanakan usaha apa yang dijalani. Mulai dari apa yang Bunda inginkan atau harapkan dari bisnis tersebut, dan bagaimana Bunda ingin bisnis tersebut dikenal oleh banyak orang.

Dalam hal ini, Bunda perlu mencari ide bisnis atau usaha yang sebenarnya dibutuhkan oleh banyak orang, tetapi masih jarang disadari. Dengan begitu, Bunda bisa menciptakan pasar dari usaha unik tersebut.

2. Legal

Sebelum mengoperasikan suatu usaha atau bisnis, pastikan Bunda paham mengenai persyaratan legal atau hukum yang berlaku. Hal ini sangat penting agar bisnis Bunda bisa berjalan baik dan sesuai dengan aturan.

Di Indonesia, usaha kecil dan menengah sudah wajib memiliki nomor izin berusaha (NIB). Kepemilikan izin usaha ini dapat mempermudah pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya melalui program-program bantuan yang diadakan oleh pemerintah, baik itu program dalam bentuk pelatihan maupun pendanaan.

3. Finansial

Bunda perlu memastikan sudah memiliki modal yang cukup untuk usaha skala kecil. Pendanaan bisa didapatkan dari modal pribadi, pinjaman, investor, atau kerja sama dengan pendiri usaha lainnya.

Selain itu, disarankan untuk memiliki rekening khusus usaha atau bisnis, supaya tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Hal ini untuk menghindari kerugian dan penyalahgunaan dana usaha untuk kepentingan pribadi.

Saksikan juga video cerita Bunda Dinda anggota komunitas HaiBunda Squad membangun bisnis mainan montessori yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

(iToonTV Media Group)

0 komentar:

Yang Sering Dibaca: